POLISI KITA

Ops Bina Waspada Krakatau 2023, Polsek Kalirejo Lakukan Pendekatan Persuasif Tangkal Paham Radikalisme

Guna menangkal paham intoleransi yang mengarah kepada paham radikalisme, personil Polsek Kalirejo, Polres Lampung Tengah Polda Lampung melaksanakan anjangsana ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hidayah yang berada di Kampung Kalisari Kecamatan Kalirejo Kabupaten  Lampung Tengah. Selasa (6/6/23).

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini masih ada kelompok radikalisme, anti Pancasila dan Intoleran yang cukup meresahkan masyarakat serta menganggu situasi Kamtibmas.

Dalam hal ini, personil Polsek Kalirejo Aipda Antony bersama Bhabinkamtibmas Briptu Isna Irmawati melakukan upaya pendekatan persuasif di lingkungan Ponpes Al-Hidayah yang diterima langsung oleh KH. Ahmad Ruba’i Al Khudori selaku pengasuh Ponpes tersebut.

Kapolsek Kalirejo Iptu Junaidi, S.H mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si mengatakan, dalam rangka Ops Bina Waspada Krakatau 2023, kami terus berupaya mengantisipasi berkembangnya pengaruh paham intoleransi yang dapat mengarah kepada paham maupun tindakan radikalisme.

“Upaya yang dilakukan dengan melakukan pendekatan secara persuasif kepada para tokoh masyarakat,” ujarnya.

Apalagi, masyarakat Kab. Lampung Tengah sendiri kata Kapolsek,  jumlah penduduknya padat dan wilayahnya sangat luas.

Kemudian masyarakatnya juga heterogen, sangat dimungkinkan dapat disusupi suatu paham atau aliran radikal yang pastinya akan bertentangan dengan nilai nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia,” tambahnya.

Sehingga, kami imbau kepada seluruh elemen masyarakat, agar tetap memperkuat soliditas dan mengedepankan nilai Toleransi dalam bermasyarakat, sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh paham – paham yang bertantangan dengan nilai Pancasila,” imbaunya.

Kapolsek menambahkan, peranan dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan peran tokoh lainnya sangat penting, karena mampu menyampaikan pesan secara berkesinambungan.

Sehingga himbauan yang diberikan bisa tersampaikan kepada masyarakat untuk menjaga Sitkamtibmas yang aman kondusif, diwilkum Polres Lampung Tengah,” demikian pungkasnya. (Humas LT)