POLISI KITA

Wujudkan Situasi Kamtibmas Aman Kondusif, Polres Lampung Tengah Gelar Apel Besar Polisi RW

Dalam rangka memelihara situasi Kamtibmas yang lebih aman dan kondusif, jajaran Polres Lampung Tengah, Polda Lampung melaksanakan apel besar Polisi RW. Senin (26/6/23).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si dan diikuti para PJU Polres Lamteng, Kasat, Kasi, Kapolsek jajaran serta seluruh personil gabungan, baik Polres maupun Polsek.

Dalam sambutannya, Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya menyampaikan bahwa Polisi RW merupakan tindak lanjut dari penjabaran program Quick Wins Presisi.

Polisi Rukun Warga (RW) merupakan program yang menghadirkan Polisi di tiap-tiap RW untuk membangun interaksi positif antara Polisi dan masyarakat.

Polisi RW ini kata Kapolres, nantinya akan datang ke RW-RW, melakukan koordinasi dengan ketua RW atau perangkat Kampung, Kelurahan, Desa  untuk mendengarkan, mencatat, menganalisa, serta menyelesaikan permasalahan yang ada (problem solving).

“Untuk Polres Lampung Tengah, telah menugaskan sebanyak 418 personil sebagai Polisi RW yang merupakan personil Polres dan Polsek jajaran. Mereka yang ditugaskan ini bukan merupakan personil Bhabinkamtibmas,” kata Kapolres.

Tujuan dibentuknya Polisi RW adalah untuk meningkatkan kinerja Kepolisian berbasis komunitas, dan bertugas menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, serta memudahkan koordinasi dengan Ketua RW terkait gangguan Kamtibmas,” tambahnya.

Kapolres menegaskan kepada seluruh personil yang telah ditunjuk sebagai Polisi RW, agar bisa menempatkan diri dan segera menyesuaikan dimana tempatnya bertugas.

“Selalu berkoordinasi dengan instansi terkait, baik TNI (Bhabinsa) dan Bhabinkamtibmas, juga dengan aparatur Kampung serta Ketua RW setempat,” ungkapnya.

Terakhir, AKBP Doffie juga berpesan kepada seluruh personil Polres Lampung Tengah dan Polsek jajaran agar setiap menginjakan kaki ke luar untuk bertugas, niatkan setiap langkah itu untuk beribadah serta dilakukan dengan iklhas.

‘’Laksanakan tugas-tugas dengan prinsip Polres Lampung Tengah KERAS yakni Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas dan Kerja Tuntas, sehingga hasilnya akan maksimal,’’demikian pungkasnya. (Humas LT)